Senin, 28 Januari 2013

PENDATAAN DAPODIK SEMESTER 2

PENGISIAN DATA APLIKASI DAPODIK SEMESTER II TAJAR 2012-2013

Langkah-langkah dalam pengisian aplikasi dapodik pada semester II:
1. Pastikan data PTK seperti riwayat SK Kenaikan Tingkat dan Berkala diisi penuh.
2. Pastikan alamat  E-mail sudah terisi pada masing2 data PTK
    cara membuat e-mail di google:
    Dapat dilakukan melalui yahoo ataupun google. Untuk google panduan di bawah ini :
     http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-email-baru-google-gmail.html
3. Pastikan jam tambahan bagi kepala sekolah terisi dan mengisi bidang mapel yg diampu setiap daerah tidak                sama (sama dengan latar belakang pendidikannya).Kepala Sekolah tugas tambahan kepala sekolah 18 jam 
bila ks mengajar mulok dan pelajaran lain usahakan KS mengampu sesuai serfitikasinya
contoh kalau KS sertifikasi guru kelas, jangan mengisi ks di rombel menjadi guru bahasa 
Sunda atau SBK atau pelajaran lain tapi guru kelas sejumlah 6 jam, sebar tiap kelas 2 jam, jam mengajar guru kelas yang di masuki ks di kurangi 2 oleh jam mengajar KS (sesuai dengan PP no 74 tahun 2008)
4. Revisi Sarpras sesuai kondisi sekolah anda. Jangan menipu/memanipulasi data.
    jika bisa buka alamat ini untuk usul sarpras dan rehap gedung secara online
5. Jika ada guru yg mengajar ditempat lain...isikan riwayat mengajarnya dan jumlah jam yg dilakukan diinstansi / sekolah lain.
6. Sekarang untuk isian rombel masih sama dengan semester 1 yg lalu masing-masing rombel diisikan walikelasnya, atau mapping rombel, dengan klik wali kelasnya.
7. Untuk pengisian guru/PTK silahkan digeser ke masing2 rombel dengan mengisi jumlah JJM pada masing2 guru...khusus guru penjas dan agama jk tidak ada kendala dilapangan diisikan 4 JJM tiap rombel.berarti 4x6 kelas 24 JJM sesuai dengan beban mengajar guru.
8. Untuk pengisian siswa masukan masing2 siswa dalam rombel dengan menggesernya tetapi keterangan tanggal itu awal semester 2 dan lanjutan semester.
tampilan keterangan tanggal dan lanjutan semester
9. Setelah semua siswa berhasil masuk/ digeser masing2 rombel.kita kluar dan kita buka halaman utama kita klik tabel jumlah siswa...kita cek jumlah masing2 rombel sudah klop blum...revisi jika perlu..bagi siswa yg keluar masukan kolom peserta didik kluar...jika ada tambahan masukan identitas siswa dengan mengisi kolom peserta didik dengan menambah peserta didik baru.
10. Lakukan validasi dan clean up...tugas selesai tinggal tunggu komando kirim dari server pusat...
Salam OP
Maaf jika ada kesalahan info pada blog ini kami hanya berusaha membantu....

Wasalam....... (Jaelani,S.Pd.SD)

Tidak ada komentar: